Tips Liburan Bersama Keluarga Besar

Mau liburan bersama keluarga besar memang butuh persiapan yang matang. Tentu saja, liburan dengan membawa sanak keluarga besar tidak sesederhana bila kita liburan sendiri atau bersama segelintir teman.

Selain butuh persiapan dari jauh-jauh hari, juga harus memikirkan bujet liburan. Namanya liburan bersama keluarga besar, maka segala sesuatunya tak bisa pidandang remeh dan disamakan seperti trip sendiri atau bersama teman saja.

Mulai dari kesiapan makan dan minum, biaya tiket masuk bila yang dituju suatu wahana tertentu, wisata kuliner makanan khas daerah yang tuju, hingga penginapan, dan lainnya. Semuanya harus diapkan dengan baik.

Kalau tidak, kamu -katakanlah- sebagai PIC (Person In Charge) alias penanggung jawab, akan kewalahan yang berakibat pada stres dan kelelahan yang amat sangat. Bukannya menikmati liburan, yang ada malah pusing menghadapi keribetan.

Nah, agar liburan bejalan lancar dan menikmati momen berlibur yang menyenangkan, simak tips liburan bersama keluarga besar berikut ini.

  • Hitung Berapa Orang yang akan Ikut Liburan

Mengetahui pasti berapa jumlah anggota keluarga yang akan ikut liburan ini sangat penting. Sebab mengetahui pasti jumlah orang yang ikut berlibur akan menentukan bujet yang diperlukan nantinya.

Sebab, bujet yang harus disiapkan mulai dari biaya akomodasi, makan, penginapan, dan lainnya. Jika tidak dipastikan sejak awal, kemudian saat hari H tiba jumlah orang yang ikut berlibur bertambah, maka bisa dipastikan akan membuat keuangan kedodoran.

  • Pastikan Tidak Ada Anggota Keluarga Nantinya yang Batal Ikut

Ini penting, memastikan seluruh anggota keluarga yang sudah tercantum sudah pasti bakal ikut semua. Jika tidak dipastikan sejak awal, lalu tiba-tiba mendekati hari liburan dia mengurungkan pergi bersama, maka akan membuat rugi keuangan juga.

Bagaimana tidak? Katakanlah kamu memesan hotel 5 kamar hotel untuk 10 orang secara online dan sudah dibayar dengan ketentuan pemesanan tidak dapat dibatalkan.

Nah, jika ternyata 2 orang tidak bisa ikut liburan bersama, maka 1 kamar hotel yang sudah dibayar itu menjadi sia-sia. Sudah pasti, Anda membuang-buang uang jadinya.

  • Pilih Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Pastikan kendaraan atau mobil yang digunakan untuk liburan bersama keluarga besar ini sesuai dengan kebutuhan. Artinya, jika ternyata keluarga besarmu berjumlah 14 orang atau lebih, maka gunakan jenis mobil yang ukurannya besar dan bisa menampung jumlah orang tersebut.

Pilih jenis mini bus atau semacamnya agar nyaman selama perjalanan dan tidak duduk berdesak-desakan. Jika tidak, keluarga besar kamu akan kecapekan di perjalanan.

  • Pesan Sewa Mobil dari Jauh-Jauh Hari

Dan yang tak kalah penting untuk diperhatikan bila liburan bersama keluarga besar adalah memesan kendaraan atau mobil yang bisa menampung mereka semua dari jauh-jauh hari. Jika tidak, bisa-bisa kamu tidak mendapatkan mobil yang diinginkan karena sudah habis dipesan orang lain.

Telebih lagi bila ternyata rencana berlibur bersama keluarga besar ini pada momen-momen liburan atau bisa disebut high season/pick season. Jadi, sama halnya seperti pepatah lama ini,’siapa cepat, dia dapat’.

  • Pastikan Tarif Sewa Mobil sudah ‘Fixed’

Penting juga diperhatikan untuk memastikan tarif sewa kendaraan/mobil untuk rencana liburan nanti sudah tetap (fixed) alias tidak berubah lagi. Terlebih lagi jika kamu memesannya dari jauh-jauh hari, katakanlah 3 bulan sebelum liburan tiba.

Sebab, terkadang pihak penyewaan mobil melakukan perubahan tarif mendekati musim liburan. Meski pada saat kita memesan masih dengan tarif normal, namun begitu mendekati musim liburan, ada pengumuman ada perubahan harga sewa untuk tanggal yang sudah kita pesan dikarenakan momennya liburan nasional.

Tentu saja, kalau sudah begini bakal memengaruhi bujet yang sudah kita siapkan dari awal. Kita harus merogoh kocek lebih untuk membayar sewa di luar perhitungan sebelumnya jika tetap mau menggunakan kendaraan itu dan liburan tetap bisa dilakukan.

  • Cari Penginapan yang Bisa Menampung Keluarga Besar

Mencari penginapan untuk keluarga besar memang tak mudah. Agar semuanya bisa berkumpul, maka cara yang tepat adalah mencari penginapan dalam bentuk rumah. Dalam hal ini bisa homestay, villa, resort, dan cottage, dan masih banyak lagi.

  • Buat ‘Itinarary’ Liburan Keluarga

Rencana perjalanan (itinarary) liburan ini sangat penting dan jangan pernah dilewatkan begitu saja dari perencanaan. Dengan itinerary, kamu bisa memastikan langkah apa saja yang harus dilakukan mulai dari memulai perjalanan, hingga setibanya di destinasi wisata, hingga kembali ke rumah.

Tanpa itinarary, bisa-bisa liburan bersama keluarga berubah berantakan karena tidak terencana dan terorganisir dengan baik. Bukannya fresh dan bersenang-senang, yang ada malah stres karena pusing dan kelelahan.

  • Siapkan Bujet yang Cukup

Nah, yang tak kalah penting saat liburan bersama keluarga besar adalah menyiapkan bujet yang cukup. Kalau perlu siapkan dana lebih untuk mengantisipasi kebutuhan liburan yang sifatnya di luar rencana atau bisa disebut darurat. Misalnya, harga wahana atau tiket masuk wisata berbeda alias naik, atau keperluan tak terduga lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s